Pengalaman UN dan SNMPTN SAYA TAHUN 2012

Rabu, 26 Desember 2012


Ujian Nasionalh datang….
Buat adik – adik SMA/MA khususnya MA NEGERI PURWAKARTA kelas 3 banyak lah berdoa disertai ikhtiar berupa belajar dengat giat.
Sebentar lagi kalian akan menghadapi ujian nasional tahun 2013, kebanyakan siswa/siswi menjadikan UN adalah momok yang menakutkan, sebab konon UN menjadi penentu lulus atau tidak nya kita dari sekolah.
Dulu saya dan kawan-kawan merasakan hal itu kami cemas, sedih, dan galau tentunya. Tapi kami berusaha untuk menghilangkan itu semua, dengan mengikuti semua saran guru kita. Yang hasilnya memuaskan, kami semua lulus 100%.
Biasanya beberapa bulan menuju UN banyak promosi dari Universitas, politeknik, sekolah tinggi, akademi pokonya PERGURUAN TINGGI deh Negeri atau Swasta yang dating untuk promosi.
Pertama buat kalian yang mau meneruskan pilih dulu PTN sebab biaya nya bisa ditekan dan kualitas lebih baik dan lebih bergengsi lah, dulu itu kata saya. Dan inggat minta sama guru bk supaya didaftarkan SNMPTN, buat yang maaf ekonomi nya lemah jangan berkecil hati sebab pemerintah melalui dikjen dikti membuat program BIDIK MISI yaitu suatu beasiswa pendidikan berupa uang kuliah,uang buku, uang sehari hari yang sangat membantu.
Kedua pilih PTN swasta, tapi yang di akui dan terakreditasi C lah minimal.ya memang biaya nya agak mahal, tapi ini jalan terakhir bagi saya kan kenapa tidak kalo orang tua masih bias membiayai.
Ingat …
Pilih jurusan dan ptn yang sesuai jika daftar SNMPTN, jangan ikut ikutan temen pilih jurusan A padahal tidak sesuai dengan kita yang akibatnya seperti saya yang lulus SNMPTN tahun 2012 tapi tidak saya ambil karena tidak sesuai keinginan saya. kok begitu? Sebab saya masuk SNMPTN jalur undangan yang harus memilih 2 ptn yang masing masing  pilih 2 jurusan, saya sudah pilih 1 ptn dgn 2 jurusan nah kan masih ada 1 ptn yang belum di pilih saya bingung karena tidak ada yang saya minati lagi lantar guru saya menyarankan memilihkan ptn nya dan saya iakan. Yang saya harapkan saya lolos di ptn yang saya pilih buakn yang dipilihkan guru.
Namun ketika pengumuman di buka semua jauh dari harapan memang saya lulus SNMPTN JALUR UNDANGAN tapi ptn dan jurusan nya bukan minat saya tapi minat guru saya dan jadinya saya bimbang saya harus gimana…..
Setelah saya brunding dgn orang tua dan kolega saya, diputuskan saya memilih tidak melanjutkan SNMPTN dan memilih perguruan tinggi swata di kota bandung yang sesuai jurusannya.
Nah buat kalian jangan ikuti saya nanti rugi sendiri, pilih ptn dan jurusan menurut kita supaya kita tidak menyalahkan orang lain.

Tidak ada komentar: