Kompetensi Sarjana Komputer |
Angka persaingan dalam mencari peluang
/lowongan kerja sangatlah tinggi. Oleh karena itu, para sarjana harus
sudah membekali dirinya masing-masing dengan ilmu pengetahuan yang
mantab dan juga keahlian di bidang masing-masing secara professional,
khususnya para Sarjanawan dan Sarjanawati dari bidang IT. Pengelompokan
jenis pekerjaan bergantung kepada acuan yang digunakan. Akan tetapi ada
hal yang sama. Salah satu cara untuk melihat lapangan pekerjaan di
bidang TI adalah dengan menanyakan kepada industri TI atau mengambil
data-data dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
Menurut Prayitno (BKN, 2003:11), standar kompetensi mencakup tiga hal, yaitu KSA :- Pengetahuan (Knowledge), yaitu fakta dan angka dibalik aspek teknis.
- Keterampilan (Skills), yaitu kemampuan untuk menunjukan tugas pada tingkat criteria yang dapat diterima secara terus menerus dengan kegiatan yang paling sedikit.
- Sikap (Attitude), yaitu yang ditunjukan kepada pelanggan dan orang lain bahwa yang bersangkutan mampu berada dalam lingkungan kerjanya.
A. Network Administration
Tugas sehari-hari sang administrator, antara lain memberi dukungan administratif pada pengguna software dan memelihara perangkat keras maupun lunak untuk jaringan, menganalisa masalah, dan memantau kerja jaringan agar selalu tersedia bagi pengguna sistem. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Basic Hardware Networking.
- Basic IP dan Subnetting.
- Technology Switching dan Routing.
- Technology Server.
- Pengelolaan Network Security.
- Monitor dan Administrasi Network Security.
- Backup.
B. Network Designer
Tugas sehari-hari seorang Designer, antara lain mendesain jaringan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mengawasi dan mengembangkan jaringan skala besar, menganalisa jaringan apabila terjadi kerusakan. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Basic Software Networking.
- Mahir dalam HTML dan CSS.
- Memahami FLEX, PHP, dan bahasa database.
C. Network Programmer
Tugas sang Programmer adalah membuat program yang ada dalam jaringan itu sendiri. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Basic Software Networking.
- Mengerti bahasa pemrograman jaringan.
- Mampu memprogram suatu jaringan yang telah di desain oleh network designer.
D. DataBase Administrator
Tugas sehari-hari sang DB Administrator, antara lain Memonitoring dan melakukan pengolahan administrator sebuah database. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Menghubungkan perangkat keras.
- Melakukan instalasi Microsoft Windows.
- Melakukan instalasi Linux.
- Pasang dan konfigurasi mail server.
- Paham FTP server dan Web server.
- Memahami Routing.
E. DataBase Designer
Tugas utama sang DB Designer yaitu merancang dan membuat query SQL yang dibutuhkan programmer. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Memahami feature Prado SQL MAP.
- memudahkan programmer dalam menampilkan data yang diinginkan.
F. Help Desk (Operator)
Kompetensi yang harus dimiliki operator Help Desk, antara lain:
- Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows.
- Mengerti aplikasi Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.
G. Technical Support
Kompetensi yang harus dimiliki para Technical Support, antara lain:
- Menghubungkan perangkat keras.
- Melakukan instalasi Microsoft Windows.
- Melakukan instalasi Linux.
- Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya.
- Pasang dan konfigurasi Mail server, FTP server, Web server.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar