- 1. Algoritma
Menurut Donald E. Knuth (1973,p4), algoritma dalam penger tian modern mempunyai kemiripan dengan istilah resep , proses, metode, teknik, prosedur, rutin . Algor itma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus. Menurut Rinaldi Munir, algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Berdasarkan dua pengertian algoritma di atas, dapat disimpulkan bahwa algor itma merupakan suatu istilah yang luas, yang tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer.
- 2. Pemrograman
Kemudian terdapat pula istilah bahasa pemrograman yang berarti bahasa yang digunakan dalam pembuatan program komputer. Berdasarkan pengertian algor itma dan pemrograman, maka dapat dikatakan bahwa progr am merupakan hasil penerapan dari algoritma- algoritma. Akan tetapi, dalam buku ini tidak dibahas materi mengenai pembuatan program komputer. Buku ini memfokuskan teknik-teknik pembuatan algoritma itu sendir i. Nama mata kuliah Algor itma dan Pemrogr aman dalam hal ini berarti mempelajari pembuatan algoritma- algoritma yang dapat diterapkan dalam pemrograman.
- B. Tipe-tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan
- 1. Deskriptif
Sebagai contoh misalnya algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan berikut ini:
Algoritma Menentukan_bilangan_terbesar_dari_3_bilangan
- Meminta input 3 bilangan dari user, misalkan bilangan a, b, dan c.
- Apabila bilangan a lebih besar dari b maupun c, maka bilangan a merupakan bilangan terbesar.
- Jika tidak (bilangan a tidak lebih besar dari b atau c) berarti bilangan a sudah pasti bukan bilangan terbesar. Kemungkinannya tinggal bilangan b atau c. Apabila bilangan b lebih besar dari c, maka b merupakan bilangan terbesar. Sebaliknya apabila bilangan b tidak lebih besar dari c, maka bilangan c merupakan yang terbesar.
- Selesai.
- 2. Flow Chart (Diagram Alir)
Mengenai lambang- lambang yang digunakan akan dibahas pada bagian selanjutnya. Sekarang diberikan suatu contoh algoritma menentukan bilangan terbesar dar i 3 bilangan seperti yang dicontohkan sebelumnya, tetapi ditulis dalam bentuk flow chart.
- 3. Pseudocode
Walaupun pseudocode tidak ada aturan penulisan syntax, di dalam buku ini akan diberikan suatu aturan-aturan penulisan syntax yang cukup seder hana agar pembaca dapat lebih mudah dalam mempelajari algoritma-algor itma yang ada di dalam buku ini. Pseudocode yang ditulis di dalam buku ini akan menyerupai (meniru) syntax- syntax dalam bahasa Pascal. Namun dibuat sesederhana mungkin sehingga tidak akan ada kesulitan bagi pembaca untuk memahami algoritma- algor itma dalam buku ini walaupun pembaca belum pernah mempelajar i bahasa Pascal.
Contoh algoritma menentukan bilangan terbesar dar i tiga bilangan yang ditulis dalam bentuk pseudocode bergaya buku ini.
01| ALGORITMA Menentukan_terbesar_dari_3_bilangan
02| Deklarasi:
03| a,b,c, terbesar : integer
04|
05| Deskripsi:
06| Read(a,b,c)
07| If (a>b) and (a>c) then
08| Terbesar a
09| Else
10| If b>c then
11| Terbesar b
12| Else
13| Terbesar c
14| Endif
15| Endif
16| Write(terbesar)
- C. Flow Chart (Diagram Alir)
- 1. Pengertian
- 2. Simbol-simbol Flow Chart
- Simbol terminal (terminator )
digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir algoritma
- Simbol persiapan (preparation)
digunakan untuk memberikan nilai awal suatu variabel atau suatu counter
- Simbol proses (process)
digunakan untuk proses perhitungan aritmatika atau proses pemindahan data
- Simbol Data (data)
- Simbol Keputusan (decision)
- Simbol Penghubung (on-page refer ence)
digunakan untuk menunjukkan hubungan arus flow chart yang terputus, tetapi masih dalam halaman yang sama.
- Simbol Penghubung Halaman Lain (off- page reference)
- 3. Bentuk-bentuk Dasar Struktur Logika Flow Chart
- Runtunan (Sequence Structure)
- Pemilihan/Percabangan IF (Selection Structure)
- Pengulangan FOR (FOR Loop Structur e)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar